PENERAPAN ALGORITMA C 45 UNTUK KLASIFIKASI KEPATUHAN KONSUMEN

Authors

  • Basuki Rakhim Setya Permana Universitasa Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59134/jsk.v4i2.447

Keywords:

Algoritma C45, Kepatuhan Konsumen.

Abstract

Mengingat pentingnya analisis resiko dalam dunia perkreditan, para ahli telah melakukan penelitian dengan berbagai metode yang berbeda untuk menganalisa tingkat keberhasilan pemberian kredit. Pada penelitian ini tahapan yang dilakukan dalam melakukan eksperimen ini, penulis menggunakan model Cross-Standard Industry for Data Mining. Model yang telah dikembangkan akan diuji keakuratannya dengan memasukkan sejumlah data uji (test set) ke dalam model. Untuk mengukur keakuratan model dengan baik, data uji seharusnya bukan data yang berasal dari data training. Data uji diambil dari Data Nasabah Tahun 2008 s.d 2012 untuk Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Jalur Regular sebanyak 163 data. Dari hasil evaluasi baik secara confusion matrix maupun empiris ternyata terbukti akurat dalam penerapan rule pada ketepatan waktu pembayaran. Dengan hasil ini, maka kemungkinan terjadinya kesalahan dan kekeliruan dalam penentuan hasil ketepatan waktu pembayaran atas nasabah yang diterima ternyata tidak layak dapat dikurangi dan menekan jumlah jumlah data yang tidak akurat dalam penentuan hasil ketepatan waktu pembayaran, dengan demikian algoritma C4.5 dapat memberikan solusi untuk penentuan hasil ketepatan waktu pembayaran dan sebagai permasalahan penentuan nasabah PT. Wahana Ottomitra Multiartha.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Setya Permana, B. R. (2023). PENERAPAN ALGORITMA C 45 UNTUK KLASIFIKASI KEPATUHAN KONSUMEN. JURNAL SATYA INFORMATIKA, 4(02), 11–21. https://doi.org/10.59134/jsk.v4i2.447