DESAIN SISTEM MONITORING PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK SISWA SD IT JABAL NUR SLEMAN

Authors

  • Agus Sujarwadi Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59134/jsk.v9i1.627

Keywords:

Monitoring, Sistem, Sekolah Dasar

Abstract

Sekolah Dasar IT Jabal Nur merupakan landasan pembentukan pengetahuan dan keterampilan siswa. Proses pembelajaran yang efektif di tingkat ini memiliki dampak signifikan pada perkembangan akademik, sosial, dan pribadi siswa. Kualitas pembelajaran memerlukan pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan hasil yang memuaskan.Proses evaluasi siswa umumnya dilaporkan kepada orang tua secara periodik, namun kendala muncul ketika akses informasi terbatas. Monitoring dan evaluasi adalah instrumen penting dalam memahami pencapaian tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kekurangan metode pengajaran, dan memungkinkan penyesuaian yang diperlukan meskipun pemantauan dan evaluasi di tingkat sekolah dasar penting, terdapat ketidakefisienan dalam pengumpulan data, kurangnya penggunaan teknologi informasi, perbedaan pemahaman guru tentang evaluasi, dan perlunya evaluasi komprehensif terhadap seluruh aspek perkembangan siswa.tantangan berikut. Sistem yang memantau pembelajaran siswa sekolah dasar diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Platform interaktif ini memungkinkan komunikasi dan kolaborasi antara guru, orang tua, dan siswa untuk mendukung pertumbuhan siswa. Sistem ini memfasilitasi pengumpulan data akademik dan non-akademik melalui teknologi informasi dan mudah diakses oleh orang tua dan guru.Kajian ini relevan karena  membantu dalam mengembangkan sistem yang efisien untuk memantau dan mengevaluasi proses pembelajaran di sekolah dasar. Sistem ini bertujuan untuk mendukung siswa  mencapai potensi penuh mereka dengan meningkatkan keterlibatan orang tua.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Sujarwadi, A. (2024). DESAIN SISTEM MONITORING PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK SISWA SD IT JABAL NUR SLEMAN . JURNAL SATYA INFORMATIKA, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.59134/jsk.v9i1.627