PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK TKN MASIGIT TA 2022/2023 MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR

Authors

  • Maman Masyhuri Universitas Bina Bangsa
  • Sopian Universitas Bina Bangsa
  • Muhlasin - Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59134/jsk.v9i1.632

Keywords:

Usia Dini, Media Pembelajaran, Huruf dan Angka, Waterfall

Abstract

Pendidikan harus sudah mulai diberikan kepada anak-anak sejak dini, huruf dan angka merupakan dasar untuk anak dalam belajar membaca dan menghitung. Pembelajaran pengenalan huruf dan angka wajib diajarkan kepada anak yang berusia 4 sampai dengan 6 tahun. Selama ini pembelajaran di TKN Masigit masih menggunakan buku dan papan tulis yang kurang menarik. Pada saat guru membacakan buku dan mengajarkan siswa untuk mengikuti perintah yang diberikan oleh guru tidak semua siswa dapat fokus dan kegiatan ini sangat membosankan, sehingga siswa tertinggal dalam pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif tentang pengenalan huruf dan angka sebagai media belajar di TKN Masigit yang lebih menarik dan mudah dipelajari, metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, pengumpulan data, pengolahan data, dan hasil. Sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dan aplikasi menggunakan Smart App Creator 3. Dengan adanya aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan huruf dan angka dapat menarik anak-anak usia dini untuk belajar dan membuat anak-anak lebih cepat memahami huruf dan angka dikarenakan tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Masyhuri, M., Sopian, & -, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK TKN MASIGIT TA 2022/2023 MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR. JURNAL SATYA INFORMATIKA, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.59134/jsk.v9i1.632