STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN TEKNOLOGI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI PERUSAHAAN BAKSO ABC
DOI:
https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.335Keywords:
Strategi bisnis, pengembangan teknologi, industri kecil menengahAbstract
PT. ABC merupakan perusahaan makanan yang memproduksi bakso sapi. Wilayah distribusi PT. ABC
meliputi kota dan kabupaten bekasi. Selama ini perusahaan tidak mampu menembus pasar baru dan
memperluas jaringan distribusi dikarenakan keterbatasan teknologi yang digunakan oleh PT. ABC.
Proses produksi bakso saat ini masih mengandalkan teknik yang sederhana. PT.ABC perlu melakukan
pengembangan terhadap teknologi yang saat ini digunakan, dan juga melakukan pembinaan kepada
tenaga kerja yang ada. Dengan melakukan pemetaan posisi bisnis saat ini, PT. ABC akan bisa
merumuskan strategi pengembangan dan pembinaan yang cocok terhadap kondisi internal dan external.
Salah satu alat efektif yang digunakan dalam mengidentifikasi posisi perusahaan yaitu dengan Analisis
SWOT dan pendekatan 9 segmentasi lingkungan yang diperkuat dengan Matriks Duncan. Kemudian
hasil identifikasi positioning dijadikan landasan didalam perusahaan untuk merumuskan strategi
pengembangan dan pembinaan yang paling tepat. Penelitian ini bersifat kualitatif dan tidak
menggunakan metode statistika, sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi dan
wawancara langsung dengan pemilik usaha dan pekerja lainya selama penelitian.