FAKTOR-FAKTOR PERILAKU YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING ESFINDO (E-SCHOOL FOR INDONESIA): STUDI KASUS DI SMA NEGERI 54 JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.59134/prosidng.v1i01.89Keywords:
Model TAM e-learning Esfindo, Structural Equation Modeling, LISRELAbstract
Perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi membawa sudut pandang baru tentang
bagaimana suatu proses pengajaran dan pembelajaran harus dilaksanakan untuk memperoleh pendidikan
berkualitas. Perkembangan teknologi pendidikan ini akan berlanjut dan membantu menciptakan sebuah
budaya pendidikan baru. Esfindo (E-school for Indonesia) adalah portal gratis sistem e-learning untuk
sekolah menengah yang dibuat oleh Heru Suhartanto dan Tim Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI.
Esfindo memiliki cara penyediaan sistem e-learning yang dapat diakses oleh segala lapisan masyarakat
Indonesia. Tujuan dibentuk sistem e-learning Esfindo turut membantu mewujudkan sistem pendidikan
berkualitas. Namun, apakah sebenarnya sistem e-learning Esfindo tersebut telah diterima dan dimanfaatkan
secara maksimal oleh enduser? Model yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
penerimaan Esfindo ini adalah model TAM (Technology Acceptance Model). Secara rinci model TAM
menjelaskan penerimaan TI dengan dimensi-dimensi tertentu yang dapat mempengaruhi penerimaan
teknologi oleh pengguna. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 150 siswa SMA Negeri 54
Jakarta Timur. Untuk mengetahui hubungan diantara variabel penerimaan e-learning Esfindo digunakan
analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan software LISREL versi 8.70. Secara
deskriptif siswa belum sepenuhnya merasakan kegunaan e-learning Esfindo. Masih ada diantara mereka
yang menganggap bahwa penggunaan e-learning Esfindo adalah sulit. Berdasarkan analisis SEM,
kemampuan diri berinternet tidak signifikan mempengaruhi persepsi kemudahan, kemanfataan, dan
kenikmatan menggunakan e-learning Esfindo; kemudahan menggunakan e-learning Esfindo signifikan
mempengaruhi kemanfaatan, keinginan, dan kenikmatan menggunakan e-learning Esfindo; sedangkan
keinginan dan kenikmatan menggunakan e-learning Esfindo signifikan mempengaruhi perilaku
penggunaan e-learning Esfindo. Faktor yang paling penting dalam penerimaan sistem e-learning Esfindo
adalah persepsi kemudahan menggunakan sistem e-learning Esfindo