UPGRADING UMKM KERIPIK DESA PADEMAWU BARAT MELALUI INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.59134/sinergi.v5i2.601Keywords:
UMKM, Inovasi produk dan Pemasaran digitalAbstract
UMKM menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana UMKM mempunyai peran dalam mendongkrak perekonomian di setiap wilayah. Desa Pademawu Barat salah satu desa yang mempunyai potensi besar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pergerakan perekonomian tersebut melalui UMKMnya. Namun, UMKM yang ada masih belum sepenuhnya sadar akan persaingan bisnis saat ini yang sudah berbasis inovasi dan digitalisasi. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersbut yakni pada sektor inovasi produk dan pemasaran digital. Dalam pengabdian ini yang menjadi mitranya adalah UMKM keripik yang ada di Desa Pademawu Barat. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini merupakan pelatihan terhadap para UMKM dengan cara mengupgrade pada beberapa sektor diantaranya pada produk dan pemasarannya. Hasil pengabdian ini diperoleh UMKM bisa menciptakan produk inovasi baik dari segi varian rasa, packing hingga logo produk serta UMKM juga telah mampu memasarkan produk mereka melalui online shop. Dengan hasil yang telah dicapai dalam pengabdian ini diharapkan UMKM Desa Pademawu Barat dapat meningkatkan omzetnya hingga mampu bersaing pada era bisnis saat ini