PELATIHAN PENYUSUNAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK PENGEMBANGAN UMKM DI KELURAHAN KOLO KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.59134/sinergi.v6i1.642Keywords:
Pengabdian Masyarakat, BMC, UMKMAbstract
Business Model Canvas (BMC) adalah salah satu alat manajemen strategis untuk mendefinisikan serta mengkomunikasikan ide atau konsep bisnis dengan cepat dan mudah. BMC ini juga dapat diterapkan pada UMKM warga di kelurahan Kolo Kota Bima. Tujuan dari pengabdian masyarakat di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima adalah memberikan wawasan kepada pelaku UMKM tentang manajemen bisnis dan meningkatkan daya saing usaha mereka di tengah persaingan bisnis yang ketat. Strategi perencanaan bisnis menggunakan BMC bertujuan membantu pelaku usaha dalam menentukan cara mencapai tujuan bisnis, seperti mendapatkan keuntungan dan menjalankan bisnis secara berkelanjutan dengan daya saing yang kuat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan peserta dalam proses perencanaan bisnis, bukan hanya melalui ceramah. Dengan melibatkan pelaku usaha, diharapkan mereka dapat menerapkan konsep ini untuk meningkatkan dan memperbaiki strategi bisnis yang telah mereka buat. Dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC), maka para pelaku UMKM memperoleh 9 aspek tentang gambaran model bisnis. 9 aspek tersebut diantaranya adalah Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure