LOKAKARYA WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN I TAHUN KETIGA DI KABUPATEN SOPPENG

Authors

  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makasar

DOI:

https://doi.org/10.59134/sinergi.v6i1.648

Keywords:

lokakarya, wawasan kebhinekaan global, program sekolah penggerak

Abstract

Lokakarya wawasan kebhinekaan global bertujuan untuk meningkatkan pemahaman toleransi dan menumbuhkan sikap toleran pada kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru, serta menjadikan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru tersebut sebagai agen promosi toleransi kebhinekaan. Alur pembelajaran dimulai dari sesi mulai dari diri, aktivitas, refleksi, konsep, dan diakhiri dengan aplikasi. Metode dalam kegiatan lokakarya wawasan kebhinekaan global yaitu partisipastif komite pembelajaran yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, dan 2 orang perwakilan guru setiap sekolah yaitu terdiri dari 4 jenjang sekolah dasar yaitu SDN 100 Dare Bunga-Bungae, SDN 238 Laempa, SDN 118 Ujung, dan SDN 5 Mattiropole yang berada di daerah Kabupaten Soppeng yang dilaksanakan pada hari Minggu 24 Maret 2024 dengan melibatkan peserta secara langsung selama kegiatan. Hasil akhir dari kegiatan lokakarya wawasan kebhinekaan global ini berupa produk rencana aktivitas memperkuat kebhinekaan di sekolah masing-masing. Dengan demikian, kegiatan lokakarya wawasan kebhinekaan global ini dapat memberikan dampak positif kedepannya bagi sekolah pada Program Sekolah Penggerak Angkatan I dimana dapat memperkuat kebhinekaan peserta didik di satuan pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Ashari Hamzah, R. (2024). LOKAKARYA WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN I TAHUN KETIGA DI KABUPATEN SOPPENG. JURNAL SINERGI, 6(1), 51–58. https://doi.org/10.59134/sinergi.v6i1.648

Issue

Section

Articles