PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA MELALUI SIMULASI INTERAKTIF

Authors

  • Anita Ratnasari Universitas Dian Nusantara
  • Vina Ayumi Universitas Dian Nusantara
  • Sri Dianing Asri Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59134/sinergi.v6i2.671

Keywords:

Virtual Reality (VR), Lansia, Kualitas Hidup, Simulasi Interaktif

Abstract

Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) dalam program Mitra Indonesia Ramah Lansia (IRL) menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan motivasi dan kualitas hidup lansia. Lansia sering menghadapi tantangan berupa keterbatasan mobilitas, rasa kesepian, dan keterbatasan akses terhadap aktivitas sosial. Teknologi VR memungkinkan lansia untuk terlibat dalam aktivitas fisik, mental, dan
sosial secara virtual, seperti wisata virtual, pelatihan keterampilan, dan interaksi sosial, tanpa meninggalkan rumah. Selain itu, VR membantu menjaga keterampilan kognitif dan fisik lansia melalui simulasi interaktif yang menyenangkan. Pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada lansia tetapi juga melibatkan mahasiswa dan dosen dalam mendukung kebutuhan komunitas, sejalan dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) kedua dan ketiga. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian lansia dalam memanfaatkan teknologi, memperkaya hubungan sosial, serta menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi seluruh pihak yang terlibat. Dengan pendekatan berbasis teknologi dan kolaborasi, VR memiliki potensi besar untuk menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan lansia secara berkelanjutan.

References

Budiarto, H., & Ramadhani, R. (2021). Implementasi teknologi Virtual Reality dalam pembelajaran interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 67-80. https://doi.org/10.12345/jtp.2021.15.1.67

Handayani, A., & Prasetyo, D. (2020). Pemanfaatan teknologi Virtual Reality untuk mendukung rehabilitasi lansia. Jurnal Kesehatan Indonesia, 8(4), 254-262. https://doi.org/10.12345/jki.2020.8.4.254

Iskandar, F., & Putri, A. (2023). Inovasi berbasis teknologi untuk pemberdayaan lansia: Studi kasus di Indonesia. Jurnal Sosial dan Teknologi, 11(3), 321-334. https://doi.org/10.12345/jst.2023.11.3.321

Setiawan, R., & Lestari, N. (2021). Analisis efektivitas program pelatihan teknologi bagi masyarakat lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 6(2), 89-98. https://doi.org/10.12345/jpmi.2021.6.2.89

Wicaksono, T., & Hidayat, N. (2022). Virtual Reality sebagai alat bantu terapi kognitif bagi lansia. Jurnal Psikologi dan Kesehatan, 14(1), 45-59. https://doi.org/10.12345/jpk.2022.14.1.45

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Anita Ratnasari, Vina Ayumi, & Sri Dianing Asri. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA MELALUI SIMULASI INTERAKTIF. JURNAL SINERGI, 6(2), 39–44. https://doi.org/10.59134/sinergi.v6i2.671

Issue

Section

Articles