SISTEM INFORMASI BANTUAN SOSIAL DI KABUPATEN LANDAK BERBASIS WEB

Authors

  • Cresensia dEVI FTI-Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Mohamad Badri Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.59134/jsk.v8i02.563

Keywords:

Sistem Informasi, Bantuan, Web, Sosial

Abstract

Program pemerintah berupa bantuan sosial (bansos) merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan taraf hidup penerima. Di Kabupaten Landak, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk memperluas program bantuan sosial guna mengatasi kemiskinan. Namun, terdapat kendala dalam penyaluran bansos, seperti inklusi data penerima yang tidak akurat, penerima yang sudah meninggal tetap terdaftar, dan kesalahan penyaluran ganda. Hal ini mengakibatkan potensi masalah dan pengaduan masyarakat terhadap distribusi bansos.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pengembangan sistem distribusi bansos berbasis web dengan memanfaatkan teknologi komputer dan sistem keamanan yang kuat. Data masyarakat miskin diperoleh melalui verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial di setiap desa menggunakan aplikasi SIKS-NG, yang kemudian disimpan dalam database. Sistem ini dapat mengelola data bantuan sosial dari pemda Kabupaten Landak dan provinsi Kalimantan Barat, serta menerapkan prinsip satu keluarga hanya mendapatkan satu bantuan dalam satu periode.

Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi yang membantu pemda Kabupaten Landak dalam distribusi bansos agar tepat sasaran. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas pelayanan distribusi bantuan sosial oleh pemda Kabupaten Landak, lebih efisien dan akurat.

Downloads

Published

2023-11-17