INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DALAM RANGKA MENUNJANG ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

Authors

  • Kiki Kusumawati Universitas Satya Negara Indonesia - USNI
  • Imam Aprian Universitas Satya Negara Indonesia - USNI

DOI:

https://doi.org/10.59134/jlmt.v18i01.206

Keywords:

Mutu Pendidikan, Assesmen Nasional, jaringan komputer

Abstract

Sejak pertengahan tahun 2020 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mulai menetapkan adanya Asesmen Nasional yang sejalan dengan program Merdeka Belajar. Sejak dihapusnya kegiatan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional oleh Menteri Kemendikbudristek sejak tahun 2020, maka untuk mengevaluasi mutu dari suatu pendidikan
pemerintah mengambil suatu kebijakan untuk mengevaluasi mutu pendidikan melalui sistem Asesmen Nasional. Perubahan mendasar dari adanya Asesmen Nasional ini adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, namun mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan dalam lingkup kelembagaan dimana siswa tersebut telah menempuh pendidikan dalam lembaga tersebut. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Sistem Asesmen Nasional ini perlu menyusun perangkat komputer
yang terhubung dengan jaringan komputer. Pada tingkatan pendidikan Sekolah Dasar (SD) khususnya di SDN Kelapa Dua 01 untuk menilai kualitas mutu pendidikan dilaksanakannya program Assesmen Nasional dengan Berbasis Komputer (ANBK). Dimana pada sekolah tersebut untuk kegiatan Asesmen Nasional masih menerapkan model pelaksanaan semi online yang pada penerapannya komputer client atau komputer siswa tidak dapat akses internet sedangkan server yang digunakan untuk menampung
soal harus dapat akses internet, maka perlu dilakukan perbaikan instalasi jaringan komputer yang sesuai dengan petunjuk teknis dari Kemendikbudristek agar dapat menjalankan program ANBK dengan baik.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Kiki Kusumawati, & Imam Aprian. (2023). INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DALAM RANGKA MENUNJANG ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER. JURNAL LIMITS, 18(01), 31–37. https://doi.org/10.59134/jlmt.v18i01.206

Issue

Section

Articles