PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE TOKO BATIK (Studi Kasus : Batik Rika Busana)

Authors

  • Prionggo Hendradi Universitas Satya Negara Indonesia - USNI
  • Muhammad Ilham Rizki Universitas Satya Negara Indonesia - USNI

DOI:

https://doi.org/10.59134/jlmt.v18i01.207

Keywords:

Sistem infomasi, e-commerce, promosi, batik, Waterfall

Abstract

Batik Rika Busana adalah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan batik khas solo dengan berbagai jenis seperti kemeja, kain, blangkon ,celana, sarung, dan lain-lain. Kegiatan pemasaran dan proses pejualan pada Batik Rika Busana yaitu berjualan di toko yang berada di pasar. Banyak produk baru yang dikeluarkan tetapi banyak pelanggan yang tidak mengetahuinya, karena tidak
ada media promosi atau pemasaran membuat pelanggan sulit untuk mengetahui produk terbaru yang tersedia di toko tersebut. Metode waterfall digunakan untuk membuat sistem informasi ecommerce ini, yang dimulai dengan mengumpulkan data tentang sistem yang akan dibangun, menganalisisnya, dan kemudian merancang sistem berdasarkan temuan analisis. Tahap
selanjutnya adalah membuat program berdasarkan hasil desain. Pengujian dilakukan setelah program selesai untuk memeriksa apakah program yang dikembangkan sudah sesuai dengan yang direncanakan. Penelitian ini mempergunakan sistem e-commerce untuk membantu sistem pemasaran dan penjualan pada toko Batik Rika Busana dengan tools PHP dan MySQL. Dengan
adanya sistem informasi e-commerce agar memudahkan pelanggan untuk melihat produk terbaru dari toko dan pengelola toko bisa melihat produk mana yang sering dibeli.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Prionggo Hendradi, & Muhammad Ilham Rizki. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE TOKO BATIK (Studi Kasus : Batik Rika Busana). JURNAL LIMITS, 18(01), 38–48. https://doi.org/10.59134/jlmt.v18i01.207

Issue

Section

Articles