ANALISIS KLASTER KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN SKALA MULTIDIMENSI

Authors

  • Riama Sibarani Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59134/jlmt.v9i02.279

Keywords:

persaingan, peta posisi, peta spatial kepuasan

Abstract

Sebagai suatu organisasi yang melaksanakan pendidikan, pengajaran dan penelitian serta pengabdian terhadap masyarakat, berusaha agar tetap mampu bersaing dengan penguruan tinggi-perguruan tinggi lain yang ada di Jakarta khususnya Jakarta Selatan. Penentuan peta posisi merupakan suatu cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan atribut penting dalam ingatan konsumen dan hubungannya dengan pesaing, atau suatu cara individu mengorganisasi pengamatan atau kesan terhadap produk lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peta posisi persaingan Universitas Satya Negara Indonesia terhadap perguruan tinggi lainya di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode survey. Analisis data menggunakan Multidimensional Scaling. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan peta spatial kepuasan respoden mahasiswa USNI sangat berbeda dengan responden dari Universitas yang lain. Posisi Universitas Satya Negara Indonesia yang berada di kuadran dua dan sangat jauh dari garis rata-rata.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Sibarani, R. (2023). ANALISIS KLASTER KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN SKALA MULTIDIMENSI. JURNAL LIMITS, 9(02), 30–40. https://doi.org/10.59134/jlmt.v9i02.279

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)