PEMETAAN PROMOSI PMB USNI TERHADAP SEBARAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS DI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.59134/jlmt.v21i1.637Keywords:
Pemetaan, Mahasiswa Baru, Google MapsAbstract
Naik turunnya grafik penerimaan mahasiswa baru USNI harus menjadi perhatian Unit Humas dan Pemasaran USNI (Humas USNI). Pada tahun 2009-2015 terjadi peningkatan penerimaan mahasiswa baru rata-rata 7.5% pertahun, namun terdapat catatan yaitu pada tahun 2010 dan 2014 terjadi penurunan masing-masing 2% dan 21%, sedangkan pada tahun 2013 terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu 29%. Sebagai unit yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut diatas, Humas USNI tentunya membutuhkan banyak informasi terhadap data yang dimilikinya. Meskipun sudah terdapat beberapa cara pengolahan informasi namun perlu ditambah agar Humas USNI mendapatkan sudut pandang yang lebih luas, Salah satu bentuk informasi yang dimungkinkan adalah melihat hubungan kegiatan promosi Humas USNI dan mahasiswa baru secara geografis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat membantu Humas USNI melihat hubungan antara data kegiatan promosi dengan data mahasiswa baru secara geografis. Antara lain: Memetakan titik-titik promosi dan penyebaran mahasiswa baru USNI, Menghitung perkiraan nilai kontribusi titik promosi, Menentukan titik promosi terluar, dan Menentukan titik promosi tidak efektif Merekomendasikan area promosi baru. Pemetaan dilakukan dengan menggunakan Google Maps berbasis web dipadu dengan teknologi web lainnya dan beberapa teknik perhitungan seperti formula Haversines yang diimplementasi dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript