HUBUNGAN KOMITE DAN KEPALA SEKOLAH DENGAN PENCAPAIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK BABUNNAJAH PANDEGLANG BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.59134/sinergi.v5i01.299Keywords:
Hubungan, Komite Sekolah, Kepala sekolah, Mutu PendidikanAbstract
Artikel ini membahas tentang sinergitas peran komite dan kepala sekolah dalam proses pencapaian mutu pendidikan di SMK Babunnajah Pandeglang. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui bentuk hubungan komite dan kepala sekolah dengan pencapaian mutu pendidikan di SMK Babunnajah Pandeglang dan untuk mengetahui indikator mutu pendidikan di SMK Babunnajah Pandeglang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian yakni komite sekolah, kepala Sekolah, dan guru. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data pemeriksaan keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komite sekolah memiliki hubungan dengan kepala sekolah terkait perannya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator dalam proses pencapaian mutu pendidikan di SMK Babunnajah Pandeglang. Namun dalam pelaksanaan tugas komite sekolah sebagai perwakilan dari masyarakat belum maksimal seperti pelaksanaan perannya dalam menampung keluhan dari masyarakat dan juga masih ada tugas dan fungsinya yang belum terlaksana yaitu memberi pertimbangan terkait kerja sama sekolah dengan pihak lain. Terkait indikator mutu pendidikan di SMK Babunnajah Pandeglang mencakup pengelolaan inputnya (proses penerimaan peserta didik baru), proses pendidikannya (proses pembelajarannya), dan outputnya (yang meliputi kualitas lulusan yang dicapai baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik).